Download File *.Doc  

BAB I :PENDAHULUAN

  1. Sejarah
  2. Perkembangan Bidang Akademik
  3. Visi, Misi, Dasar dan Tujuan Pendidikan

BAB II:MACAM PENERIMAAN MAHASISWA BARU DAN MACAM PROGRAM STUDI

  1. Macam Penerimaan Mahasiswa Baru
  2. Macam Program Studi

BAB III : SISTEM PENDIDIKAN

  1. Pengertian Dasar Sistem Kredit Semester (SKS)
  2. Nilai Kredit dan Beban Studi
  3. Kurikulum
  4. Penilaian Kemampuan Akademik
  5. Sanksi Akademik
  6. Ujian Tugas Akhir Program Diploma, Sarjana, Pascasarjana dan Ujian Profesi
  7. Evaluasi Keberhasilan Studi
  8. Evaluasi Keberhasilan Studi Program Diploma, Dokter dan Spesialis I
  9. Batas Masa Studi
  10. Program Semester Pendek pada Program Sarjana
  11. Kuliah antar Fakultas

BAB IV:ADMINISTRASI PENDIDIKAN

  1. Syarat-syarat Administrasi Sistem Kredit
  2. Pelaksanaan Administrasi Sistem Kredit
  3. Registrasi Mahasiswa
  4. Ketentuan Pembayaran Biaya Studi
  5. Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
  6. Mutasi Mahasiswa
  7. Perpindahan Mahasiswa ke Unibraw
  8. Perpindahan Mahasiswa Antar Fakultas di Unibraw
  9. Perpindahan Mahasiswa Antar Jurusan dalam satu Fakultas di Unibraw
  10. Perpindahan Mahasiswa Antar Program Studi
  11. Alih Program Diploma III Ke Program Sarjana
  12. Peraturan Alih Program Dari Program Diploma I Bahasa Inggris Ke Program Diploma III Bahasa Inggris Unibraw
  13. Kelulusan Pascasarjana, Sarjana dan Program Diploma

BAB V :TATA TERTIB KELUARGA BESAR UNIBRAW

  1. Ketentuan Umum
  2. Hak dan Kewajiban
  3. Tata Krama Pergaulan dan Tanggungjawab
  4. Pelanggaran Terhadap Tata Tertib
  5. Sanksi
  6. Panitia Pertimbangan Pelanggaran Tata Tertib (PANTIB)
  7. Ketentuan Tambahan

BAB VI :BIMBINGAN DAN KONSELING (BK) DANPENASEHAT AKADEMIK (PA)

  1. Bimbingan dan Konseling
  2. Penasehat Akademik

BAB VII :PELAYANAN PERPUSTAKAAN, MATA KULIAH UMUM , KOMPUTER DAN
BIDANG STUDI BAHASA

  1. Pelayanan Perpustakaan
  2. Pelayanan UPT MKU
  3. Pelayanan UPT Pusat Komputer
  4. Pelayanan UPT Bidang Studi Bahasa

Lampiran :
1.Salinan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 178/U/2001 Tentang Gelar dan Lulusan Perguruan Tinggi

TIM PENYUSUN PEDOMAN

 
 
  

Bab VII
pelayanan perpustakaan
mata kuliah umuM, komputer dan bidang studi bahasa

 

A.Pelayanan Perpustakaan

Merespon Visi Universitas Brawijaya menjadi universitas unggul yang berstandar internasional dan mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Perpustakaan sebagai pendukung di bidang akademik bervisi memberikan layanan dan kemudahan akses informasi kepada civitas academica berbasis teknologi informasi yang berstandar internasional sebagai perwujudan untuk mencapai perpustakaan yang berstandar internasional (World Class University Library)

Untuk itu program kerja Rektor 2007-2011 dalam peningkatan mutu perpustakaan sbb:

  1. Pengembangan perpustakaan menuju World Class Library
  2. Pengembangan system pelayanan yang mudah dan murah dan berorientasi kepada pelanggan.
  3. Pemutakhiran dan peningkatan jurnal dan pustaka.
  4. Peningkatan mutu digital library dan perluasan link.

Kemudahan akses terhadap informasi literature dan fleksibilitas layanan perpustakaan khususnya akses informasi 24 jam secara online sejak awal tahun 2003 telah dapat dilihat di web site www.digilip.brawijaya.ac.id. Demikian juga layanan peminjaman maupun pengembalian koleksi dapat dilayani secara cepat dan mudah tanpa proses yang berbelit. Namun demikian layanan tersebut akan berkembang terus seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan kami sesuaikan secara bertahap dengan kondisi user dan kemampuan institusi. Perluasan link seiring dengan terealisasinya INHERENT 2006 (Indonesia Higher Education Networking), yaitu kemudahan akses informasi antar perguruan tinggi se Indonesia sudah semakin mudah. Ketersediaan layanan internet di perpustakaan dengan akses 14 jam sudah tersedia sejak September 2001.

Kerja sama (Networking) antar perpustakaan se Indonesia dan luar negeri selalu dibina demi untuk memenuhi keterbatasan koleksi yang dimiliki. Kerjasama manual tersebut tercermin dengan kartu Sakti (Sarana Komunikasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri) yang meliputi PTN se Jatim, Jateng, DIY, Jabar (tidak termasuk UI & IPB). Untuk kerjasama dengan Perpustakaan PT yang lain dapat dilakukan dengan surat pengantar dari UPT Perpustakaan Universitas Brawijaya. 

Kerjasama secara on line antar perpustakaan PT dengan interoperability dengan menggunakan OAI (Open Archives Innitiatives) sudah bias terealisasi dengan Perpustakaan UB, UI, ITS, ITB, Unair & UGM.. Di mana data literature antar perpustakaan tersebut sudah saling bisa diakses dalam satu portal masing-masing. Pertukaran data disesuaikan dengan kesepakatan di antara PT tersebut. Untuk perkembangan ke depan diharapkan akan lebih banyak PT yang terlibat.

Kemudahan dalam pencarian bahan informasi yang telah diaplikasikan sejak tahun 2000 ini telah diterapkan sistem pelayanan menggunakan komputer dengan software ILAS (In Touch Library Automation System) yang dikembangkan murni dari kalangan sumberdaya manusia dari Brawijaya sendiri. Dalam pelaksanaan ini dilakukan secara bertahap mulai input data, penampilan data di OPAC (Online Public Acces Catalog), pendataan pengunjung, pelayanan peminjaman & pengembalian. Pelaksanaan ini tentunya diperlukan waktu dan dukungan sumberdaya manusia maupun dana serta ketersediaan hardware dan sumberdaya manusia. Dalam layanan catalog on line juga disediakan mailbox on line di mana para user dapat memberikan input buku yang dibutuhkan serta saran maupun masukan lain untuk keperluan penyediaan literature dan fasilitas perpustakaan. 

Awal tahun 2005 perkembangan Digital Library meningkat dan langsung dapat diinputkan data koleksi yang ada di masing-masing ruang baca jurusan, dengan demikian secara fisik koleksi ada di jurusan namun secara data sudah terkumpul integrated di server perpustakaan pusat. 

Dengan Kartu Tanda Anggota baru (KTA dengan Barcode Number) untuk selanjutnya diberlakukan heregristasi KTA dengan bentuk plastik yang difoto langsung. Untuk ketertiban administrasi dan pendataan koleksi berlaku heregistrasi KTA per semester. Untuk proses peminjaman dan pengembalian serta penggunaan fasilitas perpustakaan cukup dengan KTA tersebut. Dengan demikian proses statistik kegiatan perpustakaan langsung terekam dengan sendirinya.

Dengan revisi program yang disebut LENTERA  proses layanan perpustakaan saat ini sudah full otomasi, sehingga pelayanan dengan sistem komputer jauh lebih sederhana dan mudah untuk user (mahasiswa), cepat, akurat dan sederhana.

Dengan demikian kenyamanan ada pada kedua belah pihak  baik bagi petugas maupun user. Informasi print out data peminjaman dan penegmbalianpun tersedia sebagai bukti dan pengingat kapan user harus mengembalikan koleksi. Demikian juga apabila user terlambat mengembalikan buku langsung terinformasi berapa hari keterlambatan dan segala ketentuan yang harus ditaati oleh user berdasarkan tata tertib yang berlaku.

Fasilitas yang ditawarkan :

  1. Corner Book Sale
  2. Layanan CDROM
  3. Layanan Tugas Mandiri
  4. Layanan Multimedia
  5. Layanan Internet
  6. Layanan Ruang Baca
  7. Layanan Ruang Diskusi
  8. Layanan Ruang Seminar
  9. Layanan Pembuatan KTA & KTM (foto langsung)
  10. Pelayanan pencarian informasi ke perpustakaan lain
  11. Ruang Santai (LR=Leisure Room) dengan Televisi
  12. Ruang Lesehan di lantai II
  13. Ruang Bantuan"Sampoerna Corner"di laintai I
  14. Layanan Foto Copy
  15. Scanner document
  16. Faximile
  17. Telepon umum
  18. Kafetaria
  19. Musholla
  20. Internet Centre 24 jam akses langsung satelit
  21. Wartel 24 jam

Waktu Pelayanan Non Stop : adf
Senin s/d Kamis Pukul 07.30 - 20.00
Jumat Pukul 08.00- 20.00(11.00-12.30 sholat Jumat)
Sabtu Pukul 09.00- 15.00
Minggu Pukul 12.00 - 18.00(sesuai kebutuhan)

Syarat menjadi anggota :

  • Anggota Biasa (semua civitas academica)
    1. Terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Brawijaya (dengan bukti heregistrasi fakultas)
    2. Membayar iuran anggota.
    3. Mengikuti sosialisasi perpustakaan.
    4. Heregistrasi KTA setiap semester (sesuai dengan masa berlaku kartu).
  • Anggota bagi Alumni Universtas Brawijaya
    1. Terdaftar sebagai alumni Universitas Brawijaya.
    2. Membayar iuran anggota.
    3. Peminjaman dengan perlakuan khusus (ada yang menjamin)
  • Anggota Luar Biasa (Mahasiswa PTS, pemakai luar Universitas Brawijaya)
    1. Membawa pengantar dari instansi yang bersangkutan.
    2. Iuran Anggota.
    3. Tidak berhak meminjam koleksi.
    4. Diperkenankan menggunakan fasilitas yang ada seperti fotokopi,  layanan CDROM, ruang baca, ruang diskusi dsb.
    5. Masa berlaku keanggotaan terbatas.
Pembagian Koleksi
  • REF:Referensi 8 R.Referensi Lantai I
  • PP:Pidato Pengukuhan  8 R. Skripsi Lantai II
  • PI:Pidato Ilmiah 8 R. Skripsi Lantai II
  • PEN:Penelitian 8 R. Skripsi Lantai II
  • KI:Karya Ilmiah 8 R. Skripsi Lantai II
  • Skr:Skripsi  8 R. Skripsi Lantai II
  • Thes:Thesis 8 R. Thesis Lantai II
  • Des:Desertasi  8 R. Thesis Lantai II
  • PU:Peraturan & Undang-undang 8 R. Referensi Lantai I
  • P:Periodical /Journal  8 R. Journal Lantai II
  • R: Reserve (Label Merah) 8 R. Reserve Lantai I
  • Buku Text Buku Text Biasa  8 R. Sosial Lantai II 8 R. Eksakta Lantai II
  • LR :Koleksi Novel,Sejarah 8 R.Leasure Room Lantai I 
  • Ruang Pamer Poster kejuaraan karya ilmiah pada Pimnas.

Pengunjung & Peminjam (Pemilik KTA)

  1. Pengunjung adalah mereka yang datang untuk memanfaatkan fasilitas dan pelayanan perpustakaan.
  2. Pengunjung fisik adalah mereka yang langsung secara fisik deatang ke perpustakaan.
  3. Pengunjung on line adalah user yang akses di www.digilib.brawijaya.ac.id sehingga terdaftar pada system on line.
  4. Peminjam adalah pengunjung yang meminjam bahan pustaka untuk di fotokopi (di dalam perpustakaan) maupun koleksi yang dibawa keluar. Untuk itu peminjam maupun pengunjung harus memiliki Kartu Anggota.
  5. Pemegang KTA Perpustakaan berarti mengetahui aturan dan tata tertib pemanfaatan fasilitas perpustakaan.
  6. Dosen dan Mahasiswa Universitas Brawijaya diharuskan memiliki Kartu perpustakaan apabila masuk ke perpustakaan.
  7. Mahasiswa mulai Angkatan 2003 KTM berfungsi sebagai Kartu Perpustakaan
  8. KTM maupun KTA tidak diperkenankan dipinjamkan ke orang lain.
  9. Masuk Perpustakaan harus membawa KTM/KTA yang di scan di pintu masuk sebagai pendataan pengunjung.
  10. Pelanggaran seperti penyobekan koleksi dikenakan sanksi akademis (koordinasi dengan PR1 & Dekan) bahkan tidak diperkenankan masuk ke Perpustakaan.
  11. Menghilangkan koleksi maupun merusakkan koleksi harus mengganti dengan koleksi yang sama atau bidangnya (subyek) sama dan fisiknya sama (tebal halaman, mutu koleksi dsb).
  12. Setiap anggota (biasa) hanya diperkenankan pinjam 5 judul buku untuk 2 minggu  
  13. Mahasiswa yang sedang mengerjakan Tugas Akhir dapat pinjam maksimum 5 judul buku dengan bukti pengantar dari Jurusan, dapat diperpanjang selama 2 minggu.
  14. Koleksi Label Merah (Reserve) dapat dipinjam hari Jum’at atau menjelang hari libur dan dikembalikan pada hari kerja berikutnya.
  15. Koleksi LR waktu peminjaman hanya 3 hari.
  16. Keterlambatan mengembalikan koleksi dikenakan sanksi keterlambatan sesuai ketentuan yang berlaku.

Bebas Pinjam

  1. Mahasiswa yang lulus diwajibkan ada pernyataan bebas pinjam dari Perpustakaan dan ada sumbangan alumni sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 
  2. Mahasiswa yang Drop Out juga harus ada pernyataan bebas pinjam dari Perpustakaan.

Waktu pelayanan :
Sama seperti jam buka perpustakaan

  1. Peraturan Penggunaan
    Beberapa hal yang perlu diperhatikan :
    1. Pengunjung dan Peminjam
      1. Pengunjung adalah mereka yang datang untuk memanfaatkan fasilitas atau pelayanan perpustakaan.
      2. Peminjam adalah pengunjung yang meminjam bahan pustaka untuk dibawa ke luar perpustakan dan harus memiliki KTM/KTA.
    2. Syarat-syarat peminjaman
      1. Semua warga civitas academica Universitas Brawijaya dapat menjadi anggota perpustakaan.
      2. Menunjukkan kartu mahasiswa yang masih berlaku.
    3. Ketentuan-ketentuan peminjaman
      Berdasarkan keperluan pemakainya, bahan pustaka di perpustakaan Universitas Brawijaya digolongkan menjadi :
      1. Bahan pustaka yang hanya dapat dibaca atau difotokopi di dalam perpustakaan saja, seperti koleksi REFERENSI, Laporan Penelitian, Skripsi, dsb. Untuk yang membutuhkan fotokopi, user harus meninggalkan kartu mahasiswa atau tanda pengenal yang berlaku untuk perpustakaan.
      2. Bahan pustaka dapat dipinjam selama 2 (dua) minggu untuk 5 judul buku.

      Ketentuan peminjaman dengan layanan sistem komputer :

      1. Peminjam harus menunjukkan kartu peminjam kepada Bagian Peminjaman, yang dengan KTM/KTA merupakan jalan akses untuk membuka database pelayanan baik peminjaman maupun pengembalian serta informasi detail untuk user.
      2. Setiap peminjam hanya diperkenankan meminjam sebanyak 5 judul buku.
      3. Peminjaman buku dapat diperpanjang dan dapat pinjam selama 2 (dua) minggu.
      4. Keterlambatan pengembalian dikenakan denda sesuai dengan aturan dan jenis koleksi setiap hari keterlambatan.
    1. Bahan pustaka reserve yang hanya dapat dipinjam selama akhir pekan dan pada hari libur lainnya.
      Ketentuan peminjaman koleksi reserve :
      1. Peminjaman dapat dilakukan dengan sistem komputer.
      2. Pelayanan peminjaman diberikan pada hari Sabtu dan dikembalikan pada hari Senin berikutnya. Atau setiap ada hari libur apa saja, koleksi reserve dapat dipinjam dan dikembalikan pada hari kerja berikutnya.
      3. Keterlambatan pengembalian dikenakan denda sesuai dengan tarif yang berlaku.
    2. Peminjam yang menghilangkan atau megembalikan buku dalam keadaan rusak, selain dikenakan denda diharuskan mengganti dengan judul yang sama.
    1. Tata tertib pengunjung
      1. Setiap pengunjung wajib menunjukkan kartu pengenal yang langsung dapat di scan untuk mendeteksi statistik kunjungan secara detail.
      2. Setiap pengunjung wajib menitipkan barang-barang yang dibawa seperti map, tas, jaket, kecuali barang berharga (uang, perhiasan), pada ruang penitipan maupun menggunakan locker dengan meninggalkan identitas.
      3. Setiap pengunjung wajib memelihara ketertiban, ketenangan dan kesopanan di ruang perpustakaan seperti : tidak merokok, tidak membawa makanan dan minuman, tidak menimbulkan suara yang mengganggu dan berpakaian yang patut, serta bersikap bahwa ruang perpustakaan adalah tempat belajar.
      4. Setiap pengunjung wajib memperlihatkan buku yang dibawa kepada petugas.
      5. Koleksi perpustakaan merupakan literature milik bersama yang dapat digunakan oleh semua civitas academica kampus, untuk itu merobek bahan pustaka untuk kepentingan pribadi merupakan sikap orang yang tidak bertanggung jawab pada kepentingan ilmu maupun orang lain.
    2. Sanksi
      Pengunjung atau peminjam yang tidak mengindahkan kewajiban dan larangan tersebut di atas dapat dikenakan sanksi sebagai berikut :
      1. Tidak diperkenankan meminjam selama jangka waktu tertentu.
      2. Diusulkan kepada dekan/rektor untuk diambil tindakan lebih lanjut.
      3. Perpustakaan memberikan sanksi berupa blokir keanggotaan.
    3. Slip bebas pinjam
      Slip bebas pinjam diberikan kepada mereka yang lulus maupun akan keluar dari civitas academica Universitas Brawijaya.
  2. Mencari Bahan Pustaka di Rak
    1. Jenis-jenis koleksi dan penempatannya
      Penempatan koleksi bahan pustaka di Perpustakaan Universitas Brawijaya dikelompokkan menurut jenisnya :
      1. Koleksi buku teks, yang terdiri dari buku bacaan kuliah dan tambahannya.
      2. Koleksi referensi, yang terdiri dari indeks, abstrak, bibliografi, kamus, ensiklopedi, directori handbook dan sejenisnya.
      3. Koleksi serial, yang terdiri dari surat kabar, majalah, jurnal, bulletin, monograf seri dan sejenisnya. 
      4. Koleksi khusus, yang terdiri dari skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian dan sejenisnya. 
      5. Koleksi mikro dan pandang dengar, yang terdiri mikrofis, microfilm dan kaset video. 
      6. Koleksi CDROM adalah koleksi jurnal ilmiah luar negeri secara full text dan full image yang dapat diakses bebas oleh civitas akademica di Ruang CDROM (Lantai I di Ruang Referensi). Adapun jurnal ilmiah dalam bentuk CDROM tersebut meliputi berbagai bidang yaitu :
        • Agricomplex Journal on CD meliputi bidang pertanian, peternakan, perikanan, teknologi pertanian, mipa mulai tahun 1993-2004 untuk 158 judul jurnal.
        • Medical Journal on CD mulai tahun 1994-2004 untuk bidang kedokteran, perawat, kesehatan untuk 220 judul jurnal.
        • Applied Science & Technology on CD mulai tahun 1997-1999 untuk bidang teknik dan mipa, perikanan untuk 130 judul jurnal.
        • Business Mangement Research on CD mulai tahun 1997-2003 untuk semua bidang seperti akutansi, management, komputer, database, managemen rumah sakit dan beberapa ilmu sosial yang terdiri dari 450 judul jurnal.
        • Social Science on CD mulai tahun 1997-2003 dalam berbagai ilmu sosial, administrasi negara dan niaga, sosiologi, masalah wanita, emansipasi yang terdiri dari 200 judul jurnal.
      7. Koleksi Jurnal Asing & Indonesia dalam bentuk hard copy (printed) dalam berbagai bidang, namun langganan tersebut tidak bisa secara rutin.
      8. Koleksi LR yang berupa koleksi novel, buku ceritera, sejarah, dsb.
      9. Ruang Pamer Poster untuk karya ilmiah mahasiswa hasil Pimnas beserta karya ilmiah juga.
    2. Katalog On-line sebagai alat penelusuran
      Perpustakaan Universitas Brawijaya menggunakan sistim pelayanan terbuka, yaitu pengguna perpustakaan dapat langsung mengambil bahan pustaka sendiri ditempatnya. Namun demikian dalam mencari bahan pustaka yang dibutuhkan, sangat disarankan menggunakan alat bantu penelusuran, yaitu katalog dalam komputer. Dengan implementasi sistem layanan komputerisasi, sistem pencarian buku telah disediakan secara online di website (akses 24 jam www.digilib,brawijaya.ac.id) maupun offline intranet dalam ruang Perpustakaan Pusat. User dapat mengakses baik bentuk koleksi (buku, laporan penelitian, jurnal, skripsi, warintek = warung informasi teknologi, dan artikel jurnal baik terbitan lokal Unibraw maupun Internasional) dengan akses pada judul, pengarang, subyek. Dalam katalog online juga terdapat informasi apakah suatu koleksi tersedia ataukah sedang dipinjam. Apabila tersedia, user langsung ke rak sesuai dengan klasifikasi koleksi. Apabila koleksi tersebut sedang dipinjam, maka klik pada (more information) selanjutnya dapat diketahui koleksi tersebut dipinjam oleh siapa, kapan dipinjam dan kapan dikembalikan. Dengan demikian kemudahan akan temuan informasi yang diperlukan user relative dapat terpenuhi antara lain sebagai :
      • Art-look User Interface
      • Proses eksplorasi sumber-sumber koleksi perpustakaan terasa lebih cepat dan nyaman dengan lingkungan perangkat lunak yang dirancang tanpa mengesampingkan faktor estetika.
      • Menggantikan Fungsi papan pengumuman
      • Dengan penambahan fungsi papan pengumuman pada fasilitas OPAC (Online Public Access Catalog) seorang pengguna akan merasa lebih dekat dengan perpustakaannya.
      • Informasi Koleksi Terbaru
      • Dengan fasilitas ini pemakai dapat melakukan pengecekan langsung mengenai koleksi terbaru perpustakaan tanpa harus mencari terlebih dahulu.
      • Informasi Staf Perpustakaan
      • Dengan fasilitas ini pengunjung perpustakaan menjadi tidak asing lagi dengan perpustakaan dan memudahkan dalam menghubungi pihak-pihak perpustakaan.
      • Mail Box
      • Penggunaan Electronic Mail Box pada aplikasi TI merupakan masukan berharga dan untuk mengetahui serta evaluasi bagi layanan yang telah diberikan demi untuk kemajuan dan perbaikan. Selain untuk tujuan tersebut juga sebagai penerapan keterbukaan management pengelolaan perpustakaan.
      • Informasi koleksi yang ada di ruang baca jurusan
      • Akses langsung bagi dosen yang memasukkan materi kuliah dengan special log in.  

    Untuk memberi gambaran bagaimana sistim klasifikasi tersebut, berikut ini dicantumkan ringkasan 10 divisi yang merupakan angka dasarnya.
    000 =  Umum (General Works)
    100 =  Filsafat (Philosophy)
    200 =  Agama (Religion)
    300 =  Ilmu-ilmu Sosial (Sosial Sciencies)
    400 =  Bahasa (Languages)
    500 =  Ilmu-ilmu Murni (Pure Sciencies)
    600 =  Ilmu-ilmu Terapan (Applied Sciencies)
    700 =  Kesenian (Arts)
    800 =  Kesusasteraan (Literatur)
    900 =  Geografi & Sejarah (Geography and History)

  3. Jasa Silang Layan

Dengan kondisi belum semua perpustakaan di Indonesia online, maka agar saling bertukar informasi, kami menempuh jalan layanan offline yaitu silang layan. Dengan layanan ini memungkinkan Anggota Perpustakaan Universitas Brawijaya :

  1. Dapat mengunjungi perpustakaan lain, atau
  2. Mendapat fotokopi artikel dari perpustakaan lain, di dalam maupun luar negeri.

Bagi yang membutuhkan kedua layanan tersebut di atas agar menghubungi petugas referensi.

B.Pelayanan UPT MKU

Unit Pelaksana Teknis Mata Kuliah Umum (UPT MKU) Universitas Brawijaya, berdasarkan SK Rektor Nomor : 100/SK/2002 bertugas membina mata kuliah Kelompok Pengembangan Kepribadian (MPK) baik SDM maupun subtansi dan metodologinya, mengkoordinasi dan mendistribusi para pengajarnya ke fakultas-fakultas/program studi di Universitas Brawijaya.

Mata kuliah Kelompok Pengembangan Kepribadian yang dikelola oleh UPT MKU adalah :

  1. Pendidikan Agama
  2. Bahasa Indonesia
  3. Pendidikan Kewarganegaraan (dulu Kewiraan)

Visi Kelompok MPK di Perguruan Tinggi (termasuk di Universitas Brawijaya) menjadi sumber nilai dan pedoman bagi penyelenggaraan Program Studi dalam mengantarkan mahasiswa mengembangkan kepribadiannya.

Sedangkan Misi Kelompok MPK bertujuan membantu Mahasiswa agar mampu mewujudkan nilai dasar agama dan kebudayaan serta kesadaran berbangsa dan bernegara dalam menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang dikuasainya dengan rasa tanggung jawab kemanusiaan.

Kompetensi kelompok MPK bertujuan menguasai kemampuan berpikir, bersikap rasional dan dinamis, berpandangan luas sebagai manusia intelektual.

  1. Kelompok MPK sebagai bagian dari SKS.
    Ketiga mata kuliah MPK ( Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, dan Pendidikan Kewarganegaraan ) masing-masing berbobot 3 sks, bersifat sebagai mata kuliah wajib ditempuh dan terkreditkan dengan nilai minimal C.
  2. Kode mata kuliah Kelompok MPK
    Kode mata kuliah ini terdiri dari kode huruf tiga digit (MPK) dan angka 4 (empat) digit.
    Untuk Program S1 dan Program Diploma
    1. Pendidikan Agama Islam:-MPK 4001
    2. Pendidikan Agama Katholik:-MPK 4002
    3. Pendidikan Agama Protestan:-MPK 4003
    4. Pendidikan Agama Hindu:-MPK 4004
    5. Pendidikan Agama Budha:-MPK 4005
    6. Pendidikan Kewarganegaraan:-MPK 4007
    7. Bahasa Indonesia: -MPK 4008
  3. Hubungan UPT MKU dengan Fakultas
    1. UPT MKU bertugas untuk mengkoordinasi Dosen MKU.
    2. UPT MKU menyusun pembagian tugas dan distribusi Dosen ke Fakultas sesuai dengan permintaan fakultas.
    3. UPT MKU memantau kegiatan perkuliahan yang dilaksanakan oleh Dosen kelompok MPK di masing-masing fakultas/jurusan/program studi.

C.Pelayanan UPT Pusat Komputer

Setelah mengalami restrukturisasi pada tahun 2003, maka proses pengembangan Teknologi Informasi di Universitas Brawijaya dilakukan oleh 3 lembaga yaitu UPT Puskom, UPPTI dan Pusat Pengembangan E-Learning (PPE).UPT Pusat Komputer merupakan unit pelaksana teknis di Universitas Brawijaya yang bertugas untuk memberikan layanan dalam bidang pengolahan data induk kemahasiswaan, pengolahan hasil ujian SPMK, SPKS, SPK-Ins, SPMD dan seleksi calon mahasiswa baru melalui PSB serta memberikan layanan pelatihan komputer.

  1. Program Pelatihan Komputer dan Teknologi Informasi.
    Sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas mahasiswa Universitas Brawijaya, UPT Pusat Komputer Universitas brawijaya secara periodik menyelenggarakan program pelatihan komputer bagi mahasiswa. Program ini bertujuan untuk mengenalkan aplikasi komputer dan internet khususnya bagi mahasiswa baru agar dapat menggunakan komputer dan memanfaatkan internet dalam mendukung perkuliahannya dan kesiapan menghadapi dunia kerja. Untuk itu diharapkan agar mahasiswa Universitas Brawijaya dapat memanfaatkan pelatihan yang diselenggarakan UPT Pusat Komputer.  

Program pelatihan yang diberikan adalah :

  • Pengenalan Internet
  • Aplikasi Microsoft Office (Word, Excel, Power Point, Front Page)
  • Dasar Pemrograman C/C++
  • Dasar Disain Web
  • Dasar Disain Grafis
  • Statistika dan Analisa Data
  • Academic CISCO Certified Network Administrator (CCNA) 1 & 2
Program Pelatihan komputer ini terbuka bagi semua mahasiswa Universitas Brawijaya dengan persyaratan sebagai berikut :
  1. Terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Brawijaya.
  2. Mendaftarkan diri sebagai peserta secara perorangan / kelompok / per jurusan / per angkatan
  3. Mengisi formulir pendaftaran dan mengumpulkan foto 4 x 6 sebanyak 2 lembar
  4. Membayar biaya pelatihan sesuai dengan paket program pelatihan yang dipilih. (Untuk Paket Standar : Dasar Internet dan Microsoft Office.Biaya bagi Mahasiswa Baru : Rp. 80.000 / mahasiswa)

Pendaftaran dapat dilakukan di :

    • Pusat Pelatihan Komputer (PPK) UPT PUSKOM
      Gedung Pusat Komputer Lt. III (Belakang Gedung Rektorat)
      Telp. 0341-575819. e-mail: puskom@brawijaya.ac.id
    • Setiap kerja :
      Senin s/d Jumat pukul 08.00 - 15.00
      Sabtu pukul 08.00 - 13.00
    • Waktu pelaksanaan dilakukan dalam dua sesi kelas, yaitu :
      Pagi : 08.00 - 09.30 dan 10.00 - 11.30
      Sore : 12.30 - 14.00 dan 14.30 - 15.00

    Selain pelatihan reguler terebut di atas, UPT Pusat Komputer juga menyediakan paket pelatihan non-reguler yang disesuaikan dengan permintaan civitas akademika.
    Program pelatihan non-reguler yang disediakan antara lain :

    • Pemrograman Web Intermediate & Advance
    • Pemrograman Windows (Delphi, Visual Basic, C#)
    • Multimedia E-Learning
    • Open Source Open Office
    • Video Editing & Production

    Selain paket program di atas, UPT Pusat Komputer siap menerima permintaan pelatihan lain maupun juga technical assistance.

  1. Pemakaian Fasilitas Laboratorium Komputer.
    Pemakaian fasilitas laboratorium komputer pada UPT Pusat Komputer bertujuan agar civitas academica dapat memanfaatkan laboratorium untuk kepentingan ilmu pengetahuan, keperluan belajar-mengajar, pene­­litian serta administrasi. Untuk menciptakan ketertiban dan kelancaran pema­kaian fasilitas tersebut telah diupayakan pengaturan dan tatacara peman­faatan fasilitas laboratorium komputer tersebut.

Persyaratan bagi pengguna kelompok :

  • Mengajukan surat permohonan kepada Kepala UPT Pusat Komputer.
  • Menunjukkan daftar peserta (nama, nim dan fakultas).
  • Mengisi daftar hadir.
  • Penggunaan dibatasi waktu sesuai dengan banyaknya kelompok.
  • Satu kelompok terdiri dari maksimum 25 orang
  • Waktu penggunaan dari pukul 08.00 – 16.00.
  • Dikenakan biaya sebesar Rp. 65.000,00/jam/kelompok.

Setiap pengguna diharapkan memenuhi tatacara dan prosedur yang diberlakukan oleh UPT Pusat Komputer, antara lain:

  1. Bagi civitas academica:
    • Menunjukkan kartu mahasiswa yang berlaku saat itu atau .
    • Menunjukkan Karpeg atau tanda pengenal lain bagi tenaga administrasi maupun dosen.
  2. Bagi non civitas academika (alumni, Mahasiswa PT Swasta, Pemakai Luar Unibraw non mahasiswa) :
    • Membawa pengantar dari instansi ybs.
    • Membayar sesuai biaya penggunaan non civitas.

D.Pelayanan UPT Bidang Studi Bahasa

Ketika pertama kali didirikan pada tahun 1973 dengan nama Laboratorium Bahasa, unit ini dimaksudkan untuk melayani kebutuhan para dosen untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mereka untuk studi lanjut ke luar negeri. Sementara itu unit ini juga memberikan layanan untuk peningkatan kompetensi Bahasa Inggris para mahasiswa. Saat ini dengan nama UPT Bidang Studi Bahasa, unit ini telah berkembang menjadi "Home Base" bagi komunitas diskursus linguistik terapan, ilmu susastra, ilmu pendidikan bahasa yang melatar belakangi para pengajar bahasa. Dalam perkembangan selanjutnya UPT Bidang Studi Bahasa memberikan layanan bahasa asing lain selain Bahasa Inggris meliputi Bahasa Jepang, Prancis, Tionghoa, Jerman dan Korea serta Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA).

Visi
Visi dari UPT Bidang Studi Bahasa adalah menjadi pusat pengajaran dan pembelajaran Bahasa Inggris di bidang (1) pendidikan bahasa; (2) penelitian pengajaran bahasa dan (3) layanan pengajaran bahasa untuk menunjang visi universitas dalam peningkatan kualitas warganegara, ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

Misi

  1. Meningkatkan pengajaran Bahasa Inggris untuk Jurusan Non-Bahasa Inggris secara professional dalam upaya menunjang misi universitas dalam usahanya memperbaiki kualitas lulusan.
  2. Meletakkan dasar-dasar kompetensi bahasa asing (bahasa internasional) bagi para mahasiswa, staf akademik (dosen) dan staf administrasi dalam upaya menunjang misi universitas untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tujuan
Berdasarkan visi dan misinya, tujuan dari UPT Bidang Studi Bahasa dirumuskan sebagai berikut :

  1. Mengembangkan potensi bahasa para mahasiswa untuk meletakkan dasar bagi pengembangan pengetahuan, keterampilan dan kepribadian para mahasiswa agar menjadi lulusan yang lebih berkualitas yang mampu berkiprah dengan baik dalam lingkungan sosial dan profesional untuk memberikan sumbangan pada perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
  2. Menyediakan layanan melalui program-program dan kegiatan terpusat pada pembelajar (belajar mandiri) untuk meningkatkan kualitas lulusan.

Program

  1. Mengupayakan peningkatan kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Inggris melalui program "Collaborative Teaching".
  2. Mempromosikan program "Bilingual Teaching" pada program studi di lingkungan Universitas Brawijaya.
  3. Mengupayakan terbentuknya "Community Learning for English" untuk mempromosikan strategi belajar mandiri bagi mahasiswa dalam belajar bahasa asing.
  4. Menyediakan layanan kursus bahasa asing :
    Bahasa Inggris :  EAP, General English, Taylor Made Course
    Bahasa Jepang :  Nihongo Tingkat dasar s/d lanjut, Noryoku Shiken
    Bahasa Prancis :  Tingkat dasar s/d lanjut, Persiapan DELF dan DALF
    Bahasa Tionghwa :  Tingkat dasar s/d lanjut
    Bahasa Jerman :  Tingkat dasar s/d lanjut
    Bahasa Korea  :  Tingkat dasar s/d lanjut
    • Syarat-syarat pendaftaran :
      1. Membayar biaya pendaftaran kursus.
      2. Membayar biaya kursus sesuai dengan bahasa dan tingkat yang dipilih.
      3. Mengisi formulir pendaftaran yang dilengkapi dengan foto kopi KTM/KTP serta pas foto ukuran 3 x 4 masing-masing 1 lembar.
      4. Mengikuti pre-tes bagi peserta yang memilih tingkat di atas tingkat dasar.
  5. Menyediakan Layanan belajar mandiri (SAC/Self Access Centre)
    Keanggotaan :
    Kalangan dari dalam dan luar Universitas Barwijaya bisa menjadi anggota SAC.
    • Syarat-syarat Keanggotaan
      1. Foto Copy KTM/KTP sebanyak 1 lembar.
      2. Pas foto ukuran 3 x 3 cm sebanyak 2 lembar.
      3. Membayar biaya keanggotaan selama 6 bulan.
    • Waktu pelayanan :
      1. Senin s/d Kamis :08.00 - 14.00
      2. Jum'at :08.00 - 11.00
      3. Sabtu :08.00 - 13.00
  6. Menyediakan Layanan Test Bahasa Asing berstandar Internasional
    1. IELTS Prediction, TOEFL Equivalent, Institutional TOEFL (ITP).
    2. Noryuko Shiken Prediction (Bahasa Jepang).
    3. DELF dan DALF Prediction (Bahasa Prancis).

    • Syarat-syarat :
      1. Membayar biaya test.
      2. Mengisi formulir pendaftaran yang dilengkapi foto kopy KTP/KTM serta pas foto 3 x 4 sebanyak 1 lembar.

Informasi lebih lanjut hubungi :
UPT Bidang Studi Bahasa - Gedung Rektorat Lama Lantai II
Telp./Fax.: (0341) 575822
e-mail bahasa@brawijaya.ac.id
Untuk informasi kursus hubungi :
Telp. (0341) 8150710